#CERVIXFORLIFE


Kanker serviks (cervical cancer) adalah suatu kanker pada area leher rahim atau serviks. Serviks adalah suatu bagian dari rahim yang menghubungkan rahim bagian atas dengan vagina. Selain mortalitas dan frekuensi yang tinggi kanker serviks berhubungan erat dengan fungsi reproduksi dan fertilitas. Di seluruh dunia, kanker serviks merupakan penyebab kematian terbanyak kelima karena kanker pada wanita. Kanker serviks ini terjadi kurang lebih 1 per 123 wanita tiap tahun di dunia, dan menyebabkan kematian 9 per 100.000 wanita tiap tahun (http://en.wikipidia.org, 2008).


Di Indonesia kanker serviks merupakan kanker nomor 2 yang paling sering setelah kanker payudara yang dapat menyerang dan menyebabkan kematian pada wanita Indonesia (Yayasan Kanker Indonesia, 2007). Setiap tahunnya sekitar 500.000 wanita di diagnosa menderita kanker serviks dan lebih dari 250.000 meninggal dunia. Di Indonesia diperkirakan setiap harinya terjadi 41 kasus baru kanker serviks dan 20 wanita meninggal dunia karena penyakit tersebut (http://www.medicastore.com, 2008). Kanker serviks cenderung timbul pada wanita berusia 25-55 tahun, namun juga dapat muncul pada wanita usia yang lebih muda, mempunyai banyak pasangan seksual, tidak merawat kebersihan alat kelamin, dan wanita perokok (Hidayati, 2008). 

Deteksi dini kanker ini dapat dicegah dan dihambat pertumbuhannya, hanya saja tingkat kesadaran perempuan di Indonesia masih rendah akan pentingnya tindakan pencegahan terhadap kanker serviks sehingga kanker sering terdeteksi sudah masuk ke stadium lanjut. Sehingga penyembuhannya menjadi semakin sulit (M.Farid Azis dkk.,1985). 

Minim kesadaran dan pengetahuan akan kanker serviks ini menyebabkan keterlambatan penanganan terhadap korban penyakit yang 1 ini. Dengan diselenggarakannya event ini, mudah-mudahan sedikit banyak akan menumbuhkan kesadaran akan pentingnya kesehatan dan pengetahuan akan kanker serviks. Dengan pengetahuan tentang kanker serviks, semua orang dapat melakukan pencegahan terhadap penyakit ini.

#CERVIXFORLIFE
Time :
Thurday, 23 January 2014 at 19.00 - 22.00
Venue :
Gd. Wahana Bakti Pos Lt.8 Jl. Banda No. 30
Content :
Live Talk Show :
- Olivia Jensen (Duta Kanker Serviks)
- Dr.Ninda Arief Wiradisuria (YKI)
- Bu Oday ( Herbalis)
Live Music Performance :


For further information, please kindly dial : 085720208607


Wish this event will give us the positive effect :)


2 comments:

  1. thanks for the info Gie...penting untuk selalu mengecek kondisi organ reproduksi dan kewanitaan kita untuk menghindari penyakit dan mendeteksi dini kemungkinan terkena penyakitnya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul sekali teteh..
      kalau sempet, come and join the event yaa..
      :)

      Delete

 

Followers

Links

BumiBloggerWarung Blogger