#4 Happy World Cancer Day


Cancer, begitu merinding aku mendengarnya. Istilah ini begitu jauh dari duniaku. Sesekali saja aku memdengarnya di mata pelajaran biologi, itu pun dulu semasa aku sekolah. Atau, berkali-kali aku mendengarnya dari salah satu lagu yang diciptakan oleh My Chemical Romance, Cancer. Kanker yang dikenal sebagai silent killer ternyata banyak macamnya dan tidak ku hafal secara detail seperti apa penampakan dan perkembangannya. Semakin lama, istilah ini semakin sering aku dengar. Baik dari mass media ataupun komunikasi dengan teman-teman.

Hari Rabu tanggal 12 Juni 2013, Ibuku, yang biasa aku panggil Mama divonis positif mengidap penyakit silent killer ini. Aku tahu di kemudian harinya setelah baru Hari Kamis tanggal 30 Januari 2013 aku lihat berkas hasil pemeriksaan berjudul Instalasi Patologi Anatomi salah satu Rumah Sakit di Sukabumi. Tentu tanpa sepengetahuan Mama aku melihat berkas penting itu. Rupanya secarik kertas itu yang membuat Mama kurang tenang selama ini. Oh My God!! How come? I couldn't say anything. Aku terkejut setengah mati dan hanya berpura-pura tetap tegar di depan Mama.

Di Rumah Sakit Hasan Sadikin Bandung, aku perhatikan dengan begitu teliti kalimat per kalimat dalam kertas itu. Beberapa istilah yang cukup mengingatkanku akan masa sekolahku. Ya Tuhan. Bagian makroskopis dan mikroskopis begitu membuat telapak tanganku dingin. Aku baca satu kalimat di bagian kesimpulan. Entah kenapa kata 'KESIMPULAN' itu ditulis dengan huruf kapital semua. Se-begitu waw kah? Taking breath is such a messed up.

Invasive ductal carcinom a mammae sinistra (grade 3)

Mama gak pernah cerita tentang kejelasan penyakit yang dia punya. Hanya sering kali melakukan pengobatan kesana kesini dan selalu bilang baik-baik aja tanpa mengeluhkan ini itu. Mama memang selalu gak mau anak-anaknya khawatir. Mom, I do love you so much. Dengan kondisi sekarang, aku lebih membuka pikiranku untuk tahu banyak hal tentang si silent killer ini. Aku cari tahu tentang referensi pengobatan dan seluk beluk penyakitnya. Kanker payudara yang Mama derita sekarang adalah bukan kanker yang genetik, melainkan dari gejala-gejala lainnya. Berbagai macam proses pengobatan terus Mama jalani, baik yang medis ataupun alternatif dan herbal. Cepat sembuh lagi ya, Ma. Tetap optimis memerangi kanker.


The moment is now and the time has come. It's up to our generation to get involved.


Happy World Cancer Day


Be aware!! There are still so much efforts to avoid this kind of silent killer.

2 comments:

 

Followers

Links

BumiBloggerWarung Blogger