Mempersiapkan External Security Team




Pada umumnya, setiap event yang dilaksanakan baik dalam skala besar ataupun kecil akan melibatkan pihak keamanan. Baik itu berasal dari internal tim pelaksana ataupun dari pihak-pihak polisi dan tokoh setempat. Ada beberapa hal umum yang harus diperhatikan dalam mempersiapkan external security event. Berikut tipsnya:

1. Membuat Standard Sistem Keamanan, yaitu membagi secara cermat keseuaian tim keamanan dengan event yang akan dilaksanakan. Untuk event yang tergolong kecil, standarnya akan melibatkan pihak-pihak terdekat saja. Apakah itu hanya dalam bentuk surat izin yang dikeluarkan atau melibatkan tim aparat secara langsung ke lapangan. Dimana harus ada briefing terlebih dahulu nuntuk pembagian tugas dan posisi masing-masing.

2. Koordinasi dengan seluruh elemen, yaitu menempuh prosedur keamanan dari elemen yang paling bawah sampai paling atas. Biasanya dimulai dari lingkungan yang tinggal sekitar venue, RT, RW, Desa, Kecamatan, Koramil, Polsek, Polres, Polda, Mabes Polri jika diperlukan. Tidak lupa juga berkoordinasi dengan tokoh masyarakat setempat.

3. Menempatkan PIC lapangan, yaitu menunjuk satu orang sebagai penghubung antara eksternal dan internal security. Satu orang inilah yang nanti memilikin komanda di lapangan. Sehingga tidak terjadi multikomando.

4. Check ID, yaitu pengecekan terlebih dahulu kepada pengunjung sebelum memasuki venue dimana event akan berlangsung. Biasanya dilakukan di gate masuk. Bisa berupa pengecekan tiket, invitation atau hanya kartu pengenal saja jika diperlukan. Hal ini bisa dilakukan sambil pengecek jumlah audience yang datang dengan menggunakan checker.

5. Memperhatikan Gate,  yaitu menempatkan seurity team pada gate masuk, gate keluar dan gate darurat. Semua orang yang in charge di gate masing-masing ini hanya menerima komando dari PIC external security team saja. Disarankan untuk menempatkan tim pada setiap interval 10 meter pada luas venue dan pada sekeliling venue.

6. Evaluasi External Security Team, yaitu review ulang terhadap kerja timselama di lapangan. Beberapa event mengabaikan hal ini. Padahal ini sangat penting untuk memperbaikin tingkat keamanan event selanjutnya.

Terima kasih. Semoga bermanfa'at.

Inspired by Indra Siddiqi

0 comments:

Post a Comment

 

Followers

Links

BumiBloggerWarung Blogger